Halaman

Rumah Utama Tanpopo

Rumah Utama Tanpopo

Jumat, 14 Januari 2011

Kegiatan Belajar Masyarakat (Free Schooling)

Kegiatan Belajar Masyarakat (KBM) atau Free Schooling adalah salah satu pendidikan alternatif yang telah terakomodasi oleh Sistem Pendidikan Nasional (sisdiknas).
KBM diperuntukan bagi masyarakat yang mengalami putus sekolah dengan berbagai alasan dan ingin melanjutkannya kembali. KBM memberikan bimbingan belajar kepada pesertanya sehingga dapat mengikuti Ujian Persamaan (UPER) dan memperoleh ijazah yang nantinya berguna baik untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi maupun untuk melamar pekerjaan.
Free scholling terdaftar oleh Diknas (Dinas Pendidikan Nasional) sebagai komunitas belajar pendidikan nonformal dan pesertanya dapat mengikuti ujian kesetaraan Paket A (setara SD), paket B (setara SMP), paket C (setara SMA).
Jika kegiatan pendidikan tersebut memang benar-benar berjalan, pesertanya dapat mengikuti ujian sehingga memiliki keabsahan dan tidak akan dipermasalahkan di kemudian hari.
Sesuai UU sisdiknas, pendidikan nonformal dapat menjadi pengganti, penambah, atau pelengkap dari pendidikan formal. Satuan pendidikan nonformal bisa berbentuk lembaga kursus, pelatihan, KBM, majlis taklim, dan satuan pendidikan sejenis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar