Halaman

Rumah Utama Tanpopo

Rumah Utama Tanpopo

Senin, 19 Maret 2012

Manfaat Bermain Play Dough

Seperti kita ketahui, bahwa lewat bermainlah anak bisa belajar. Bermain play dough adalah salah satu aktifitas yang bermanfaat untuk perkembangan otak anak. Dengan bermain play dough, anak tak hanya memperoleh kesenangan, tapi juga bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otak nya.
Kemampuan sensorik
Salah satu cara bayi untuk mengenal sesuatu yaitu melalui sentuhan. Dengan bermain play dough mereka belajar tentang tekstur, serta bagaimana menciptakan sesuatu.

1. Kemampuan berfikir
Bermain play dough bisa mengasah kemampuan berfikir anak. Latihlah dia dengan memeberikan contoh bagaimana bermain dan menciptakan sesuatu dengan play dough.

2. Self Esteem
Permainan play dough adalah permainan yang tanpa aturan sehingga berguna untuk mengembangkan kemampuan imajinasi dan kreatifitas anak. Dengan bermain play dough dapat meningkatkan rasa ingin tahu si kecil, sekaligus mengajarkannya tentang problem solving yang berguna untuk meningkatkan self esteemnya.

3. Kemampuan berbahasa
Meremas, berguling, membuat bola, dan berputar adalah beberapa kata yang akan sering didengar anak anda saat bermain play dough. Gunakan kata-kata untuk mendeskripsikan kegiatan anda bermain play dough. Atau jika perlu berilah nama untuk setiap bentuk yang anda buat dari play dough.

4. Kemampuan sosial
Selain bermain dengan anda, berilah kesempatan pada sikecil untuk bermain play dough dengan teman-temannya. Dengan bermain bersama, si kecil punya kesempatan untuk menjalin interaksi yang akrab dengan teman-temannya. Seorang anak pada dasarnya berfikiran self center, namun dengan melakukan aktifitas bermain bersama tersebut, maka anak-anak akan belajar bahwa bermain bersama juga sangat menyenangkan.

Membuat sendiri Play dough yang aman bagi anak
Bahan :
2 Cangkir tepung terigu
1 Cangkir garam
1 Sdm minyak goreng
1 Cangkir air
Pewarna makanan cair
Essen makanan atau baby oil
Cream of tartar
dan ini nih cara buatnya…

Campur merata tepung terigu dan garam, tambahkan air dan panaskan di atas penggorengan dengan api sedang/kecil. Tambahkan minyak dan cream of tartar. Aduk hingga menjadi adonan yang kalis. Tambahkan pewarna makanan sesuai selera serta essen makanan/baby oil untuk menambah aroma adonan playdough

Ini tips tambahan untuk membuat playdough:

Dari 1 adonan tadi kita dapat membaginya menjadi beberapa adonan berbeda warna. Caranya sebelum menambahkan warna, pisah dahulu adonan sesuai jumlah warna yang kita kehendaki. Lalu uleni adonan dengan pewarna makanan masing-masing di tempat terpisah. Idealnya paling tidak ada 3 warna, yaitu merah, kuning, biru (warna-warna primer). Anak-anak bisa sekaligus bereksperimen untuk mencampurkan warna-warna itu
Cream of tartar berguna untuk membuat adonan lebih awet. Seandainya kesulitan mendapatkan bahan itu, playdough masih bisa dibuat namun resikonya cepat rusak
Jika ingin menyimpan adonan, masukkan sisa adonan ke dalam plastik tertutup dan masukkan dalam kulkas.
Kelebihan homemade playdough ini adalah lebih aman. Jikalau anak-anak tidak sengaja menelan mainannya, kita tidak terlalu cemas.



MAIN PLAY DOUGH DI PAUD BERKEBUN TANPOPO






 

1 komentar: