Halaman

Rumah Utama Tanpopo

Rumah Utama Tanpopo

Senin, 11 April 2011

Memahami Kandungan Al-Qur'an

Beberapa tahapan yang perlu kita jalani dalam upaya memahami isi kandungan Al- Qur’an:
  1. Tahapa pertama , kita harus mengetahui dan memahami filosofi Islam sebagai agama yang mendapat ridho Allah SWT.
  2. Tahap kedua, Kita harus mengetahui tata krama membaca Al- Qur’an
  3. Tahap ketiga, Kita harus mengetahui bahwa di dalam Al-Qur’an banyak sekali surah atau ayat yang mengandung perumpamaan atau berupa perumpamaan.
  4. tahap keempat, kita harus menggunakan akal ketika mempelajari dan memahami Al- Qur’an .
  5. Tahap kelima , kita harus mengetahui bahwa di dalam Al-Qur’an bayak sekali surah atau ayat yang mengandung hikmah atau tidak bisa langsung diartikan , akan tetapi, memiki arti yang tersirat.
  6. Tahap keenam, kita harus mengetahui bahwa Al- Qur’an tidak diturunkan untuk menyusahkan manusia danharus mendahulukan surah atau ayatyang lebih mudah dan tegas makhsudnya untuk segera dilaksanakan.
  7. tahap ketujuh , kita harus mengetahui bahwa ayat –ayat di dalam Al- Qur’an terbagi dua macam . (QS. Ali Imran/3:7)Yaitu pertama, ayat – ayat muhkamat yakni ayat –ayat yang tegas , jekas makhsudnya dan mudah dimengerti. Ayat – ayat muhkamat adalah pokok –pokok isi Al – Qur’an yang harus dilaksanakan oleh manusia dan dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupannya . Kedua , ayat – ayat yang mutasyabihat. Adalah ayat – ayat yang sulit dimengerti dan hanya Allah yang mengetahui makna dan makhsudnya.
  8. Tahap kedelapan , kita harus menjalankan isi kandungan Al- Qur’an sesuai dengan keadaan dan kesanggupan masing –masing (QS. Yusuf /12:22;An-Nisa’ /4:36; At-talaq/65:7; Al- Baqarah/2:215; Ali Imran /9:92; Al- Baqarah /2:269).
Dibuka kelas belajar membaca Al-Qur'an untuk anak dan dewasa
Materi :
- belajar membaca Al-Qu'an
- mengkaji hadist
- belajar Al-Qur'an terjemah perkata

PKBM RUMAH UTAMA
Jl. Riung Arum Raya No. 40 Bandung
Telp. 022-7565003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar