Halaman

Rumah Utama Tanpopo

Rumah Utama Tanpopo

Senin, 19 Maret 2012

Bermain Lego Yuk!


Menumbuhkan kreatifitas juga dapat dilakukan dengan suatu permainan yang disebut dengan Lego. Tidak hanya itu, menyusun lego juga ternyata banyak manfaatnya, dan yang kami rasakan, bermain lego ternyata juga dapat menyatukan ide bersama apabila permainan dilakukan bersama-sama. Bermain lego, melalui suatu proses yang sistematis, mulai dari visi: seperti apa bangunan yang dikehendaki, strategi: bagaimana cara membangunnya agar kuat dan kokoh, art: seni dan keindahannya.

Manfaat permainan lego
1. Belajar menciptakan visi: bagaimana hasil bangunan yang dikehendaki, berapa lantai, berapa jumlah kamar/ jendela, berapa jumlah garasi. Biasanya visi ini dinyatakan dulu di awal agar menjadi pedoman dalam proses pembuatannya nanti (start from the end). 

2. Belajar mengerti fondasi: Langkah awal pembuatan lego adalah pembangunan fondasi. Fondasi ini ini akan menentukan kekuatan bangunan yang nanti akan dibuat. 

3. Belajar mengerti alat bantu: Ada beberapa cara untuk membuat konstruksi/ rangka yang kuat, dan kadang membutuhkan  alat bantu sebagai penyangga untuk memperkuat konstruksi. 

4. Belajar berkomunikasi & sharing ide: Pembuatan bangunan pada lego membutuhkan komunikasi yang konstruktif apabila dilakukan bersama-sama. Ide yang dimiliki harus berani disampaikan, dan dicoba bersama. 

5. Belajar resource allocation: Jumlah bricks pada lego terbatas untuk masing-masing jenisnya, sehingga perlu dipikirkan keterbatasan jumlah bricks namun bangunan dapat sesuai dengan yang direncanakan. 

6. Belajar art: Memahami dan mengerti tentang seni dan keindahan. 

7. Belajar bersabar.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar