Halaman

Rumah Utama Tanpopo

Rumah Utama Tanpopo

Sabtu, 22 Januari 2011

Ujian?...aku siap!

 

  • 1. Datang lebih awal dengan berbagai persiapan penunjang ujian.
    Bawalah semua alat tulis yang kita butuhkan, seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya.  Perlengkapan ini dapat membantu kita untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian. 


    2. Tenang dan percaya diri. 
    Konsentrasi dan yakin bahwa kita sudah siap dan akan mengerjakan ujian dengan baik.

    3. Nyaman.
    Selalu berdoa sebelum dan setelah mengerjakan ujian. Pilihlah kursi atau tempat yang nyaman untuk mengerjakan ujian.  Pastikan kita mendapatkan tempat yang cukup nyaman untuk mengerjakan ujian.  Duduk dan kerjakan soal senyaman mungkin.

Jumat, 14 Januari 2011

Menari adalah Kegiatan Penyeimbang Otak Kanan dan Kiri

Otak manusia terdiri dari belahan kiri dan kanan yang lebih dikenal dengan sebutan otak kiri dan otak kanan. Kenyataannya ada manusia yang dominant otak kiri dan ada yang dominant otak kanan. Otak kiri bertanggung jawab terhhadap kemampuan verbal dan matematis seperti berbicara, membaca, menulis, dan berhitung. Proses berfikir otak kiri bersifat logis, sistematis, dan analitis. Otak kiri tergolong short term memory (memori jangka pendek) Otak kanan berurusan dengan irama, musik, imajinasi, emosi, warna, gambar, dan diagram. Cara berfikir otak kanan bersifat kreatif, tidak teratur, dan menyeluruh. Otak kanan tergolong long term memory (memori jangka panjang).

Sebagai bukti bahwa daya ingat otak kanan lebih panjang dari pada otak kiri, ketika bertemu dengan teman lama, sering kali ingat wajahnya tapi lupa namanya. Kenapa demikian? Karana wajah (gambar) diproses oleh otak kanan yang memorinya jangka panjang sedangkan nama (kata-kata) diproses oleh otak kiri yang memorinya jangka pendek. Apabila otak kiri dan kanan digunakan dengan seimbang, selain daya ingat lebih panjang, proses penyerapannya pun lebih mudah dan cepat. Contohnya pada saat kita mendengarkan sebuah lagu, otak kiri memproses syair (kata-kata) sedangkan otak kanan memproses musik (irama). Jadi tidaklah heran jika seserang dapat menghafal sebuah lagu dengan cepat dan mudah karena pada saat itu otak kiri dan kanan terlibat bersama-sama.

Pengetahuan tentang cara kerja otak kiri dan otak kanan ini lah yang menjadi dasar pemikiran betapa besar peran dari berlatih tari untuk menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan anak yang biasanya otak kiri saja yang digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Psikologi anak

Secara umum, cara orang menyerap informasi (pelajaran) berbeda-beda, itulah yang disebut modalitas. Modalitas dibagi menjadi tiga, yaitu VISUAL, AUDITORIAL, dan KINESTETIK. Orang visual lebih mudah belajar melalui apa yang mereka lihat. Siswa auditorial lebih senang belajar melalui apa yang mereka dengar, sedangkan murid kinestetetik mudah mengerti apabila sambil melakukan gerakan ringan.

Berlatih tari merupakan salah satu solusi untuk melatih kemampuan anak dengan kemampuan baik visual, auditorial, dan kinestetik secara bersamaan, bagi anak yang memiliki kemampuan visual dalam menyerap pelajaran selain mengasah kemampuan visualnya supaya lebih tajam, berlatih tari merupakan salah satu cara melatih kemampuan auditorial dan kinestetik sehingga anak dapat memanfaatkan seluruh kemampuan yang ada pada dirinya secara optimal. 

Kegiatan Belajar Masyarakat (Free Schooling)

Kegiatan Belajar Masyarakat (KBM) atau Free Schooling adalah salah satu pendidikan alternatif yang telah terakomodasi oleh Sistem Pendidikan Nasional (sisdiknas).
KBM diperuntukan bagi masyarakat yang mengalami putus sekolah dengan berbagai alasan dan ingin melanjutkannya kembali. KBM memberikan bimbingan belajar kepada pesertanya sehingga dapat mengikuti Ujian Persamaan (UPER) dan memperoleh ijazah yang nantinya berguna baik untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi maupun untuk melamar pekerjaan.
Free scholling terdaftar oleh Diknas (Dinas Pendidikan Nasional) sebagai komunitas belajar pendidikan nonformal dan pesertanya dapat mengikuti ujian kesetaraan Paket A (setara SD), paket B (setara SMP), paket C (setara SMA).
Jika kegiatan pendidikan tersebut memang benar-benar berjalan, pesertanya dapat mengikuti ujian sehingga memiliki keabsahan dan tidak akan dipermasalahkan di kemudian hari.
Sesuai UU sisdiknas, pendidikan nonformal dapat menjadi pengganti, penambah, atau pelengkap dari pendidikan formal. Satuan pendidikan nonformal bisa berbentuk lembaga kursus, pelatihan, KBM, majlis taklim, dan satuan pendidikan sejenis. 

Kamis, 13 Januari 2011

Belajar Menggambar Yuks!

Apa sih manfaat belajar menggambar bagi anak?
Menggambar merupakan ekspresi dan proses kreatif serta imajenatif anak. menggambar merupakan salah satu sarana bagi anak untuk mencipta dan berkreasi dalam memvisualisasikan serta merealisasikan imajinasinya dalam bentuk karya.
Menggambar dapat membantu proses perkembangan anak bai aspek kognitif, kecerdasan emosional dan kecerdasan motorik. Menggambar dapat membantu meningkatkan konsentrasi anak, melatih daya ingat dan kesabaran anak, serta melatih keuletan dan ketelitian anak. 
Dengan menggambar, bakat anak dapat terasah sejak dini dan dapat berdampak signifikan terhadap kemampuan skil di masa depan.
Menggambar adalah sebuah stimulus yang dapat menumbuhkan minat belajar, sekaligus metode pembelajaran dan pendidikan berbasis kreativitas, tentunya dengan syarat anak diberi kebebasan mengekpresikan pikiran dan perasaannya lewat gambar tanpa diberi objek tiruan.

 

Kejar Paket Gratis di Bandung

Dibuka kelas KEJAR PAKET C di Bandung. 
Gratis biaya pendidikan. 
Kelas dimulai tanggal 15 Januari 2011 pukul 08.00 WIB. 
Keterangan lebih lanjut hubungi:
PKBM RUMAH UTAMA Jl. Riung Arum Raya No. 40 Riung Bandung, Telp. 022-7565003.